Kamis, 15 Desember 2022

Simulasi dan Analisis AM-SSB (Single Side Band) pada Matlab Simulink

AM-SSB paling efisien dalam hal bandwidth, tetapi ada biaya tambahan yang signifikan terlibat dalam hal perangkat keras yang lebih rumit untuk mengirim dan menerima sinyal. Maka dari itu, AM-SSB jarang dilihat sebagai biaya yang efektif. Single Side Band adalah bentuk AM dengan carrier dan satu sideband dihapus. Dalam siaran AM normal, pemancar dinilai dalam hal daya pembawa. Pemancar SSB mencoba untuk menghilangkan pembawa dan salah satu sideband. Oleh karena itu, pemancar diberi peringkat dalam PEP (Kekuatan amplop puncak). 

Simulasi menggunakan Matlab Simulink

Rangkaian Simulink AM-SSB

Percobaan 1
Nilai parameter AM-SSB single tone

Hasil simulasi AM-SSB single tone

Percobaan II
Nilai Parameter AM-SSB multi tone

Hasil simulasi AM-SSB multi tone

Analisis

Pada percobaan simulasi AM-SSB memiliki konsep yang hampir sama dengan percobaan sebelumnya terkait dengan sideband, yang berarti bayangan cermin. Akan tetapi pada AM-SSB ini hasil sinyal modulasinya dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu sideband bawah dan sideband atas. Pada sideband bawah sinyal modulasinya akan berada di bawah frekuensi sinyal pembawa, dengan rumusan Fc-Fi. Sedangkan pada sideband atas sinyal modulasinya akan berada di atas frekuensi pembawa, dengan rumusan Fc+Fi.

Pembagian sinyal sideband bawah dan atas ini sebenarnya disebabkan karena adanya pelemahan sinyal pada sisi yang lain. Misalnya pada sideband bawah, sinyal modulasi yang berada pada sisi bawah akan dipertahankan pada daya 50 dbm, sedangkan pada sisi atas akan dilemahkan pada daya -40 dbm. Sehingga yang terlihat hanya pada sisi bagian bawah. Hal ini juga berlaku pada sideband bagian atas.


Daftar Simulasi Modulasi

Share:

0 comments:

Posting Komentar

sumberdipercaya.com

Blog Archive