Minggu, 11 Desember 2022

Simulasi dan analisis AM-DSB-TC menggunakan Matlab Simulink

 AM-DSB-TC (Double Side Band - Transmit Carrier)  adalah skema modulasi AM alternatif yang memungkinkan penggunaan demodulator non-koheren. Di sini, sinyal informasi dengan offset DC A0 dicampur dengan gelombang pembawa untuk menghasilkan sinyal AM-DSB-TC. 

Baca Juga : Simulasi dan Analisis modulasi AM-DSB-SC

Proses modulasi AM-DSB-TC menghasilkan tiga istilah sinusoidal, sideband bawah di Fc-Fi; sebuah sideband atas di Fc+Fi; dan komponen pembawa di Fc. Dalam diagram, amplop informasi juga disorot. Ini adalah garis halus yang menghubungkan antara puncak atas sinyal termodulasi dan fluktuasi amplitudo persis sama dengan fluktuasi dalam sinyal informasi. 

Praktik Modulasi AM-DSB-TC dengan Matlab Simulink

Rangkaian Simulink AM-DSB-TC

Percobaan Pertama single tone

Nilai Parameter AM-DSB-TC single tone

Hasil simulasi AM-DSB-TC single tone

Percobaan Kedua multi tone

Nilai Parameter AM-DSB-TC multi tone

Hasil simulasi AM-DSB-TC multi tone


Analisis

Pada hasil simulasi AM-DSB-TC ini kurang lebih hampir sama dengan hasil simulasi AM-DSB-SC. Dimana pada sinyal modulasinya berubah berdasarkan amplitude. Serta pada percobaan multi tone menghasilkan pasangan sinyal yang memiliki amplitude sama, sesuai dengan nama sideband yang berarti bayangan atau cerminan dari satu sama lain.

Perbedaan dengan modulasi AM-DSB-SC adalah adanya offset, atau selubung. Bisa dilihat pada gelombang modulasi yang disorot garis putus-putus berwarna ungu. Hal ini terjadi karena sinyal pembawa hadir pada sinyal termodulasi. Seperti yang dapat dilihat pada spectrum analyzer dimana sinyal modulasi yang berwarna hijau juga berada pada frekuensi pembawa. 


Daftar Simulasi Modulasi

Share:

0 comments:

Posting Komentar

sumberdipercaya.com

Blog Archive