Minggu, 08 Januari 2023

Sony, Honda meluncurkan prototipe EV 'Afeela' yang menggunakan teknologi Qualcomm



Sony Jepang pada hari Rabu meluncurkan prototipe kendaraan listrik "Afeela" baru yang akan dikembangkan bersama dengan Honda, dengan mengatakan akan memanfaatkan konten hiburannya yang luas karena ingin menjadi pemain di masa depan pada mobil generasi selanjutnya.

Sony memberikan sekilas tentang Afeela, yang menampilkan sudut membulat dan atap hitam yang ramping, di pameran dagang teknologi CES 2023 di Las Vegas. Mobil itu akan menggunakan teknologi dari pembuat perangkat keras Qualcomm Inc, termasuk sasis digital "Snapdragon".


Support Sony yang telah lama ditunggu-tunggu ke dalam kendaraan listrik - perusahaan mengumumkan usaha dengan Honda pada bulan Maret - menunjukkan bagaimana pabrikan semakin fokus pada pengalaman kokpit di mobil, yang menawarkan potensi untuk menjual konten melalui mobil layanan berlangganan, terutama karena kemampuan mengemudi otonom meningkat.

"Untuk mewujudkan mobilitas cerdas, diperlukan pembaruan perangkat lunak terus-menerus dan komputasi berperforma tinggi," kata Yasuhide Mizuno, kepala eksekutif Sony Honda Mobility, dalam pameran dagang tersebut. "Untuk itu, kami akan bekerja sama dengan Qualcomm."

Qualcomm pada hari Rabu meluncurkan prosesor baru, Snapdragon Ride Flex SoC, yang mampu menangani fungsi mengemudi dan kokpit yang dibantu, termasuk hiburan. Sebelumnya fungsi-fungsi tersebut ditangani pada chip yang berbeda, dan menyatukannya dapat membantu menurunkan biaya, kata seorang eksekutif Qualcomm.

Sony juga ingin memanfaatkan kekuatan tradisionalnya dalam sensor. Afeela akan dilengkapi dengan lebih dari 40 sensor, kata Mizuno. Mobil tersebut akan menggunakan alat kreasi 3-D "Unreal Engine" dari Epic Games, pembuat seri game "Fortnite".

Bagi Honda, kerja sama dengan Sony memungkinkannya mempercepat apa yang sejauh ini merupakan peralihan lambat ke listrik. Itu juga telah berjuang selama bertahun-tahun untuk mendapatkan keuntungan di pasar kendaraan mewah dengan merek Acura-nya. EV baru akan dihargai dengan harga premium, kata perusahaan itu.

Usaha antara Sony Group Corp dan Honda Motor Co Ltd bertujuan mengeluarkan kendaraan listrik pertamanya pada awal 2026 di Amerika Utara.

Share:

2 komentar:

sumberdipercaya.com