Jumat, 13 Januari 2023

6 cara memajukan ketahanan dan keberlanjutan energi secara beriringan


Keamanan dan keberlanjutan energi saling melengkapi satu sama lain 

“Bagaimana transisi energi dan keamanan energi dapat dikembangkan secara bebarengan?” Itulah pertanyaan kunci yang dihadapi para pemimpin energi saat ini. Jawabannya adalah dengan tidak mempetakan kedua hal tersebut sebagai 2 entitas yang berbeda, tetapi saling melengkapi. Keberlanjutan dan keamanan harus menjadi karakteristik inti dari sistem energi masa depan. Dunia tidak dapat mencapai transisi energi tanpa solusi terintegrasi yang menangani keduanya secara bersamaan.

Sementara keberlanjutan terus menjadi perhatian utama para pemimpin, penekanan sebenarnya sekarang adalah pada penguatan sistem energi. Banyak yang khawatir bahwa penekanan pada keberlanjutan dapat mengancam momentum menuju titik nol. Tapi itu bukan kesimpulannya.

Dorongan jangka pendek saat ini untuk memperkuat pasokan energi pada akhirnya akan mempercepat momentum energi bersih

Untuk memenuhi kebutuhan keamanan jangka pendek, beberapa pemerintah mulai memutar kembali kebijakan lingkungan untuk memastikan stabilitas rantai pasokan energi mereka. Tindakan untuk memperkuat pasokan gas alam termasuk mengamankan sumber alternatif, membangun infrastruktur gas baru untuk menerima kargo LNG (gas alam cair), dan meningkatkan porsi batubara dalam power mix.

Tanggapan ini dapat mengunci suatu wilayah ke dalam komitmen bahan bakar fosil dan tampaknya menggantikan investasi sebagai solusi energi bersih dalam jangka pendek. Namun krisis energi juga akan berfungsi sebagai katalisator untuk mempercepat momentum menuju masa depan yang aman dan bersih yang dipimpin oleh energi. Rasa sakit jangka pendek akan menghasilkan keuntungan jangka menengah dan panjang, yang terbukti dari sejumlah paket kebijakan, seperti Undang-Undang Pengurangan Inflasi AS dan RePower EU, yang mengedepankan jalur energi bersih di tengah krisis energi yang sedang berlangsung.

Tantangan keamanan energi yang kita hadapi saat ini bukanlah tantangan masa lalu. Beberapa solusi konvensional (geopolitik, penyimpanan sumber daya) gagal mengatasinya secara total, sementara yang lain (produktivitas, konsumsi, efisiensi, dan regulasi) valid namun memerlukan penyesuaian. Pendekatan baru diperlukan untuk menangani aset dan sistem energi yang terhubung secara digital, rantai pasokan yang diperluas, dan teknologi baru dalam skala besar.

Forum Ekonomi Dunia, bekerja sama dengan Accenture, mengusulkan kerangka kerja komprehensif yang menyoroti bagaimana tindakan yang terhubung di enam dimensi dapat mengatasi tantangan keamanan ini dan memastikan keamanan transisi energi.

The six dimensions of the energy transition. Image: World Economic Forum/Accenture

Sebuah kerangka kerja baru mendefinisikan enam area untuk mengejar transisi energi

1. Demand

Memanfaatkan nilai permintaan akan energi rendah karbon dapat meningkatkan fleksibilitas dan keandalan sistem, keamanan dan ketahanan energi, serta memberi penghargaan kepada konsumen. Transisi yang berkeadilan menuntut masyarakat untuk mengutamakan efisiensi energi. Meningkatkan efisiensi menawarkan penghematan biaya langsung yang dapat diinvestasikan kembali dalam sistem energi bersih. Ini juga dapat memiliki dampak instan yang signifikan terhadap emisi. Yang penting, keharusan efisiensi dapat diperluas melampaui energi untuk memasukkan penggunaan material yang efisien seperti baja, tembaga, dan semen yang diperlukan untuk mengembangkan infrastruktur energi rendah karbon.

Mempromosikan praktik operasi baru, insentif, dan perubahan perilaku dapat menghasilkan penghematan energi sebesar ~110 EJ pada tahun 2030, setara dengan lebih dari 18% konsumsi energi global pada tahun 2021. Hal ini menyoroti peran penting yang dimainkan oleh manajemen permintaan yang banyak diabaikan dalam menambahkan nilai sistem energi.

2. Peraturan dan insentif

Investasi yang dibutuhkan untuk menjaga agar transisi energi tetap pada jalurnya dapat melebihi $4 triliun pada tahun 2030. Keputusan tentang ke mana harus mengalokasikan dana harus mempertimbangkan tiga hal: a) tindakan jangka pendek vs. pengembangan jangka panjang dari sistem energi masa depan; b) keterjangkauan dan akses energi vs. penskalaan solusi rendah karbon; dan c) jaminan bahwa investasi akan dipertahankan selama masa pakai aset vs. fokus pada mempertahankan kelincahan dan terus meningkatkan kerangka energi. Dalam dekade mendatang, struktur investasi dan pasar akan memainkan peran penting dalam memandu tindakan sektor publik dan mengarahkan investasi dalam penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon (CCUS), H2, biofuel, dan aset pembangkit listrik nol emisi yang diperlukan untuk masa depan.

Menyeimbangkan keamanan dan keberlanjutan energi akan membutuhkan komitmen publik-swasta yang signifikan, mekanisme kebijakan, dan kerangka kerja terstruktur yang mendukung konsumen dan memungkinkan pengembangan infrastruktur energi bersih yang berkelanjutan.

3. Kepercayaan dan kolaborasi

Lebih dari 100 negara telah mengusulkan (atau sedang mempertimbangkan) target zero emisi. Bagi banyak orang, dekarbonisasi penuh akan mencakup tindakan yang melampaui batas negara, seperti berbagi infrastruktur atau membangun mekanisme pasar multinasional. Keberhasilan semacam itu baik untuk meningkatkan konektivitas sistem tenaga atau mengembangkan rantai pasokan yang terhubung, akan bergantung pada pembagian teknologi, sumber daya, dan pengetahuan yang efektif. Kolaborasi dan kepercayaan di antara semua pihak adalah kuncinya.

Keamanan dan keberlanjutan energi adalah keharusan global, yang menuntut tanggapan global. Koordinasi regional/nasional, kolaborasi publik-swasta, dan sistem energi lintas batas yang saling terhubung harus dikembangkan secara strategis, terlebih lagi selama dekade berikutnya. Kepercayaan di antara para pihak akan menjadi faktor kunci keberhasilan transisi dan karenanya harus diprioritaskan.

4. Supply

Bahan bakar fosil menyumbang lebih dari 80% konsumsi energi global. Sementara sumber daya berbasis fosil telah ditentukan sebelumnya secara geologis, negara-negara dapat mencapai keamanan pasokan dan bahkan swasembada melalui kombinasi perdagangan energi dan diversifikasi sumber bahan bakar. Selain itu, keamanan pasokan harus melampaui sumber energi untuk juga mengatasi pasokan mineral yang digunakan untuk mengembangkan jaringan yang terhubung dan infrastruktur transmisi, yang akan sangat penting untuk penyebaran energi terbarukan yang terputus-putus dalam skala besar.

Transisi energi tidak akan terjadi tanpa pasokan energi yang terdiversifikasi dan pangsa aset energi bersih dan terbarukan yang terus tumbuh. Setiap $1 yang dikeluarkan untuk produksi dan infrastruktur bahan bakar fosil baru harus ditambah dengan $5 yang dikhususkan untuk pengembangan kapasitas energi terbarukan.

5. Stabilitas dan ketahanan

Listrik dari energi terbarukan sangat penting untuk memberikan keamanan energi sambil memajukan transisi. Namun, memperkenalkan lebih banyak tenaga angin dan matahari dapat berdampak pada keandalan jaringan listrik. Modernisasi jaringan, bersama dengan peningkatan penyimpanan energi dan kemampuan pembuatan cadangan, akan diperlukan untuk mengakomodasi alternatif yang dapat dikirim ke sumber energi saat ini. Penataan ulang operasi, rantai pasokan, komunikasi pemangku kepentingan yang lebih baik, dan praktik manajemen tenaga kerja yang optimal juga penting untuk memastikan jaringan yang kuat dan tangguh.

Masa depan energi terdesentralisasi, terdigitalisasi, dan kolaboratif serta berjalan di jaringan cerdas yang reaktif dan fleksibel, karenanya merupakan kunci untuk mengintegrasikan energi terbarukan secara efektif ke dalam pasokan energi kita. Membangun sistem energi yang stabil dan tangguh melampaui kapasitas jaringan, pencadangan, dan penyimpanan untuk menyertakan cara baru keterlibatan kolaboratif dalam sektor teknologi tidak hanya dengan pemasok energi.

6. Keamanan sistem

Aset energi pintar dan digital menawarkan banyak manfaat, tetapi rentan terhadap bentuk serangan baru. Sektor energi menyumbang 16% dari semua serangan siber yang terdeteksi, jumlah yang terus meningkat seiring dengan pandemi baru-baru ini. Secara kolektif, sektor energi adalah industri ketiga yang paling banyak diincar oleh penjahat dunia maya. Menanggapi tingkat ancaman yang meningkat ini, diperlukan perbaikan dalam tanggap darurat, pelaporan insiden, dan desain sistem.

Di dunia dengan ancaman fisik dan dunia maya yang berkembang, para pemimpin perlu mengatur ulang fokus keamanan mereka dan bekerja secara kolaboratif, mulai dari mengamankan pasokan energi hingga mengamankan data dan rantai pasokan yang diperluas. Budaya keamanan fisik dan siber yang kuat sangat penting bagi keamanan dan ketahanan industri energi.

Ketahanan energi adalah komponen inti dari keberhasilan transisi energi. Tapi itu tidak bisa lagi dianggap sebagai masalah yang berdiri sendiri. Juga tidak dapat dibedakan dari kebutuhan akan keberlanjutan energi. Padahal, persoalan-persoalan tersebut sangat terkait sehingga tidak hiperbolik untuk menyimpulkan bahwa masa depan ketahanan energi adalah keberlanjutan energi. Berfokus pada enam bidang tindakan yang saling berhubungan ini dapat membantu mendorong peningkatan keamanan dan keberlanjutan serta membuka jalan menuju transisi yang lebih lancar dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar