Senin, 30 Januari 2023

5 Project Inovasi IoT bidang Kesehatan

Internet of Things (IoT) adalah teknologi yang memungkinkan perangkat fisik untuk terhubung ke internet dan saling berkomunikasi. Ini memungkinkan data untuk dikumpulkan dan diolah dari berbagai perangkat, seperti sensor, kamera, dan perangkat rumah cerdas, untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kualitas hidup.

Baca Juga : 5 Project IoT Bidang Pertanian dan Peternakan

IoT telah menjadi salah satu teknologi paling menarik dan berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan bahwa jumlah perangkat IoT akan meningkat dari sekitar 20 miliar pada tahun 2019 menjadi lebih dari 75 miliar pada tahun 2025.

Salah satu aplikasi dari IoT adalah dalam bidang kesehatan. Dengan perangkat seperti smartwatch dan aktivitas tracker, data kesehatan dapat dikumpulkan dan diolah untuk membantu dalam pengelolaan kesehatan. Ini juga memungkinkan untuk monitoring kesehatan dari jarak jauh, seperti memonitoring pasien yang sedang dirawat di rumah sakit. Berikut ini adalah 5 contoh penerapan IoT dibidang kesehatan.

1. Alat Monitoring Infus

Infus merupakan barang yang sering kita temui di rumah sakit. Tidak Jarang terjadi keterlambatan penggantian infus oleh perawat. Meskipun tidak fatal, tetap saja ada efek yang disebabkan oleh kelalaian tersebut. Alat monitoring Infus berfungsi untuk mengetahui kondisi infus secara real time, sehingga keterlambatan penggantian infus tidak terjadi. 

Skema paling sederhana yang bisa digunakan adalah menggunakan konsep timbangan. Tiang infus akan dimodifikasi dengan penambahan sensor berat. Sebagai fitur tambahan kita bisa mengintegrasikan sensor infus tadi dengan IoT untuk mengumpulkan data tiap pasien, serta adanya sistem informasi terpadu bagi perawat untuk mengumpulkan semua data pasien di setiap kamar dalam satu komputer. Selengkapnya bisa dibaca pada postingan berikut.

2. Smart Sleep

Internet of Things (IoT) dapat digunakan untuk membuat smart sleep dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet, seperti sensor, yang dapat memantau kualitas tidur Anda dan memberikan data yang dapat digunakan untuk meningkatkan tidur Anda. Beberapa contoh perangkat IoT yang dapat digunakan untuk smart sleep termasuk:

  • Smart mattress yang dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi gerakan tubuh, suhu, dan kualitas udara saat tidur.
  • Smart alarm yang dapat menyesuaikan waktu bangun sesuai dengan tahap tidur Anda saat itu.
  • Smart lightbulb yang dapat mengatur suhu cahaya dan warna untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.
  • Smart fan yang dapat mengatur suhu ruangan dan mengeluarkan suara untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Semua perangkat tersebut dapat diintegrasikan dengan aplikasi atau platform yang dapat menganalisis data dan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

3. Monitoring Patient (detak jantung, Suhu, pengukur pernapasan)

IoT dapat digunakan untuk memonitoring kondisi pasien dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet, seperti sensor suhu, sensor detak jantung, dan perangkat pemantau pernapasan. Data yang dikumpulkan dari perangkat ini dapat diteruskan ke sistem komputer yang digunakan oleh dokter atau perawat untuk memantau kondisi pasien secara real-time. Hal ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam kondisi darurat, serta memungkinkan perawatan pasien yang lebih efisien dan efektif.

4. Air Monitoring and purifying

IoT dapat digunakan untuk monitoring dan pemurnian udara dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke internet, seperti sensor udara, pemurni udara, dan perangkat pengendali. Sensor udara dapat digunakan untuk mendeteksi kadar polusi udara dalam ruangan, sementara pemurni udara dapat digunakan untuk membersihkan udara dari partikel-partikel yang tidak diinginkan. Perangkat pengendali dapat digunakan untuk mengatur kinerja pemurni udara dan mengatur sensor udara. Data yang dikumpulkan dari perangkat ini dapat diteruskan ke sistem komputer yang digunakan oleh pemilik rumah atau perusahaan untuk memonitoring kualitas udara dalam ruangan. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengatur kinerja pemurni udara secara otomatis sesuai dengan kondisi udara saat ini, sehingga memastikan kualitas udara yang selalu baik.

5. Robot Surgery


IoT dapat digunakan untuk robot operasi dengan menggabungkan sensor, kamera, dan perangkat kendali yang terhubung ke internet. Sensor dapat digunakan untuk mendeteksi posisi dan orientasi robot, serta mendeteksi perubahan dalam lingkungan operasi. Kamera dapat digunakan untuk memberikan pandangan dalam operasi, sementara perangkat kendali dapat digunakan untuk mengendalikan gerakan robot.

Data yang dikumpulkan dari sensor dan kamera dapat diteruskan ke sistem komputer yang digunakan oleh dokter atau operator untuk memantau kondisi pasien dan lingkungan operasi secara real-time. Hal ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat selama operasi, serta memungkinkan operasi yang lebih precisi dan efisien.

Selain itu, robot operasi IoT juga dapat diintegrasikan dengan sistem pemantauan data pasien sehingga dapat digunakan dalam operasi yang berbasis data seperti pemantauan kondisi pasien, pemantauan data vital, dan pemantauan hasil operasi.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

sumberdipercaya.com