Sabtu, 25 Maret 2023

Mati Listrik, Kenapa Internet jadi Lemot

Sumber Sinyal Provider

Base Tranceiver Station

Tower provider atau BTS (Base Transceiver Station) adalah infrastruktur yang dibangun oleh penyedia layanan telekomunikasi untuk menyediakan sinyal untuk jaringan seluler. Tower provider ini berperan sebagai pusat pengendalian dan pemancar sinyal ke perangkat pengguna seperti ponsel atau modem. Tower provider ini biasanya terdiri dari beberapa komponen, termasuk antena, pemancar sinyal, dan perangkat pengendali jaringan. 

Kualitas dan kekuatan sinyal yang diterima oleh perangkat pengguna sangat dipengaruhi oleh jarak antara perangkat dengan tower provider, serta faktor-faktor lain seperti kondisi cuaca, gangguan jaringan, kepadatan pengguna, dan kapasitas jaringan. Semakin dekat jarak antara perangkat dengan tower provider, semakin baik kualitas sinyal dan kecepatan internet yang diterima.

Jarak dari tower provider

jarak provider dengan tower

Kualitas jaringan provider sangat dipengaruhi oleh jarak antara tower provider dan perangkat pengguna. Semakin dekat jarak antara tower provider dan perangkat pengguna, semakin baik kualitas sinyal yang diterima oleh perangkat tersebut. Jarak yang jauh antara tower provider dan perangkat pengguna dapat mengakibatkan sinyal menjadi lemah dan kualitas jaringan menurun.

Mudahnya sinyal itu mempunyai power, jika sinyal tersebut dikirim dengan jarak yang jauh maka, lama-kelamaan power sinyal akan terus berkurang. Sehinga ketika sudah sampai ke sisi user, sinyal yang diterima sudah dalam keadaan low power. Dan inilah yang menyebabkan kecepatan internet menjadi lambat.

Kepadatan pengguna & Kapasitas jaringan

terbatasnya kapasitas

Kepadatan pengguna merujuk pada jumlah pengguna dalam satu wilayah yang menggunakan jaringan provider yang sama. Semakin padat pengguna dalam satu wilayah, semakin besar kemungkinan kapasitas jaringan akan terbatas. Jumlah pengguna yang tinggi dapat menyebabkan overloading pada jaringan, yang dapat mengakibatkan kecepatan internet yang lambat dan gangguan pada kualitas sinyal.

Kapasitas jaringan adalah kemampuan jaringan provider untuk menangani jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan. Kapasitas jaringan dapat dipengaruhi oleh infrastruktur jaringan yang tersedia, jumlah pemancar atau tower, dan teknologi yang digunakan oleh provider. Jika kapasitas jaringan terbatas, pengguna dapat mengalami kecepatan internet yang lambat dan gangguan pada kualitas sinyal.

Mudahnya semakin banyak user berkumpul dalam suatu titik, maka sinyal provider juga akan semakin banyak terbagi. Contoh, jika ada sebuah kue berbentuk lingkaran penuh (360 derajat) dan ada 4 orang, maka masing-masing orang akan mendapatkan kue sebesar 90 derajat. Tetapi jika ada 12 orang, maka masing-masing orang hanya akan mendapatkan kue sebesar 30 derajat. Ini adalah analogi pembagian sinyal kepada user.

Mati Listrik & Gangguan Jaringan

Maintenance Jaringan

Hal ini berkaitan dengan kondisi infrastruktur jaringan telekomunikasi. Tower atau BTS tentu saja butuh daya listrik untuk mentrasnmisikan sinyal, sehingga jika terjadi mati listrik maka tower atau BTS akan kehilangan sumber daya listriknya. 

Meskipun pada tower atau BTS sudah terdapat cadangan energi sendiri, namun kapasitasnya tidak sebesar dan sekuat sumber dari listrik PLN. Bisa disimpulkan ketika terjadi mati listrik sumber kekuatan atau daya listrik untuk mensupport tower atau BTS untuk mentransmisikan sinyal akan berkurang, sehingga kualitas internet yang dihasilkan juga akan menjadi lambat.

Perangkat keras yang tidak memadai

hp router dan antenna

Router atau modem yang sudah tua atau teknologi yang digunakannya sudah ketinggalan zaman mungkin tidak mampu menangani kecepatan internet yang tinggi dan sinyal yang kuat. Selain itu, router atau modem yang diposisikan dengan tidak benar, seperti diletakkan di dekat dinding atau dalam ruangan tertutup, juga dapat mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima.

Kabel atau antena yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan internet juga dapat mempengaruhi kualitas sinyal. Kabel yang rusak atau terlalu panjang dapat mengurangi kualitas sinyal. Antena yang tidak cukup kuat atau tidak dipasang dengan benar juga dapat mempengaruhi kualitas sinyal.

Cuaca buruk

ilustrasi hujan petir salju

Cuaca buruk dapat memberikan atenuasi (penurunan kekuatan sinyal) dan hambatan (penghalang) pada sinyal provider. Hal ini disebabkan oleh kondisi cuaca yang dapat mempengaruhi transmisi sinyal di udara. Cuaca buruk seperti hujan, kabut, atau salju dapat menyerap atau memantulkan sinyal radio yang dipancarkan oleh antena provider.

Hambatan juga dapat terjadi pada sinyal provider karena cuaca buruk, seperti terhalangnya jaringan antara antena dan perangkat penerima. Hal ini dapat menghalangi sinyal radio untuk mencapai perangkat penerima, sehingga mengurangi kualitas sinyal dan kecepatan internet.

Posisi benda penghalang

dinding pembatas

posisi benda penghalang dapat menghambat proses transmisi sinyal dari provider. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sinyal radio, seperti yang digunakan oleh provider telekomunikasi untuk mentransmisikan informasi, dapat terhalang oleh benda-benda fisik seperti gedung, pohon, gunung, dan sebagainya.

Ketika sinyal radio melintasi benda penghalang, sebagian dari energi sinyal akan diserap atau dipantulkan, sehingga dapat mengurangi kekuatan sinyal yang diterima oleh penerima atau bahkan menghalangi sinyal sama sekali. Jika benda penghalang terletak di antara pemancar dan penerima, maka hal ini dapat menyebabkan gangguan pada kualitas sinyal, terutama jika jarak antara pemancar dan penerima sudah cukup jauh.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

sumberdipercaya.com

Blog Archive