Rabu, 02 November 2022

Cara Merekam Cover Real Drum Sampai Jadi Konten

Bermain real drum sudah saya geluti sejak lama. Hal ini karena saya ingin bermain drum tetapi tidak punya alatnya, sehingga beralih ke simulasi drum di smartphone. Awalnya saya mengetahui aplikasi ini dari teman sewaktu SMA yang bermain real drum terlebih dahulu. Lalu saya ikut-ikutan bermain. Telah lama bermain terbesit dipikiran saya untuk mengabadikan hasil permainan saya. Kalau dulu ya hanya direkam lewat screen recorder saja, dan hasil rekamannya kurang memuaskan. 

Lama berselang, sekitar 5 tahun dari awal saya bermain real drum. Ada keinginan untuk membuat konten cover real drum untuk diupload di youtube. 3 bulan sudah dari konten real drum pertama saya. Tetapi ya saya baru membuat 7 video saja. Karena saya ada upload konten lain dan juga ada kesibukan lainnya juga. Hasil cover real drum saya dapat dilihat di youtube channel berikut ini : sumberdipercaya youtube channel

Kali ini saya akan membagikan bagaimana saya membuat konten tersebut dari mulai proses rekaman sampai upload video. Pertama yang saya lakukan adalah memilih lagu dan berlatih dengan lagu tersebut. Ini harus ya supaya waktu rekaman tidak salah-salah.

Setelah memilih lagu, berikutnya adalah menghilangkan suara drum. Tujuannya adalah, supaya waktu rekaman, suara drumnya tidak double. Jadi hanya suara drum versi kita yang terdengar. Saya menggunakan website melody.ml untuk memisahkan instrumen lagu. Nantinya lagu yang kita pilih akan terpisah menjadi empat file yaitu (vocal, drum, instrumental, bass, dan other). Berikut tampilan dari website-nya dan hasil dari pemisahan instrumen.

Setelah memisahkan instrumen, kita gabungkan kembali file tersebut kecuali file berisi suara drum. Ada 3 file yang akan digabungkan, yaitu vocal, bass, dan other. Aplikasi yang saya pakai untuk penggabungan ini adalah adobe premiere pro. Caranya mudah, kita hanya tinggal memasukkan ketiga file tersebut ke timeline, yaitu pada audio 1, 2, dan 3. Kemudian tinggal kita Ekspor dalam bentuk mp3. Hasilnya akan didapatkan file musik tanpa suara drum.

Langkah selanjutnya adalah proses rekaman. Bagi teman-teman disini ada 2 opsi, pertama merekam dengan menggunakan screen recorder, dan untuk suara drum nya bisa direkam dari aplikasi real drum. Opsi kedua adalah menggunakan kamera dan untuk suara drum direkam dari aplikasi real drum. Saya lebih prefer menggunakan kamera, karena hasilnya bisa melihat gerakan jari, sehingga vibesnya lebih dapat (menurut saya).

Untuk setup kamera bisa digunakan tripod, atau barang lain dengan fungsi yang sama. Untuk pencahayaan saya memilih mematikan lampu supaya bisa lebih fokus pada layar smartphone. Berikut ini adalah gambaran dari setup kamera saya ketika rekaman. Jangan ketawa ya, karena memang seadanya saja wkwk. Oh iya hasil yang didapat dari proses rekaman ini ada 2 file, yaitu file audio drum only dan juga video dari kamera.

Jadi sekarang kita punya 3 file, musik tanpa drum, audio drum only, dan video rekaman. Ya tinggal digabung saja dan diedit menggunakan adobe premiere (bebas pilih aplikasi editing video). Editing yang utama adalah menyesuaikan timming suara dari audio drum dan musik tanpa drum, dengan video rekaman. Jangan lupa mematikan suara dari hasil video rekaman supaya suaranya tidak rancu. Proses editing seperti itu sudah cukup bagi saya. Selanjutnya tinggal dieksport dalam format video, disini saya pilih format youtube. 

Video sudah jadi, Sekarang tinggal upload youtube. Dan terakhir berdoa supaya viewer dan subscriber berdatangan ke channel saya wkwk.. Sekian dan terima kasih.






Share:

0 comments:

Posting Komentar

sumberdipercaya.com